Ternyata Bahasa Daerah Waropen, Provinsi Papua Sudah Ada di KBBI

Ternyata Bahasa Daerah Waropen, Provinsi Papua Sudah Ada di KBBI

Ternyata Bahasa Daerah Waropen, Provinsi Papua Sudah Ada di KBBI

Banyak yang dapat kita kulik dari keragaman Indonesia dan salah satunya adalah ragam bahasa. Terletak di Provinsi Papua, bahasa Waropen merupakan bahasa daerah yang di gunakan oleh penduduk di Kabupaten Waropen.

Apakah kamu tahu? Di lansir dari laman onlinetradingsouthafrica.com, beberapa arti bahasa Waropen sudah tertuang dalam KBBI, lho. Simak di bawah ini untuk meningkatkan kosakata bahasa daerah kamu!

1. Favano

Di kutip dari laman Poker77, Kabupaten Waropen di kenal sebagai kabupaten pesisir yang perairannya subur dan kaya dapat sumber daya hayati, tidak benar satunya jenis-jenis ikan. Masyarakat di sana gunakan “favano” atau jaring besar untuk menangkap ikan secara beramai-ramai. Cara ini tergolong ramah lingkungan dan pastinya tidak menyebabkan kerusakan atau mengganggu kelestarian sumber daya ikan.

2. Mamano

Apa yang terpikir olehmu jika mendengar kata semak? Hanya tumbuh-tumbuhan kecil dan cabang utamanya berkayu, bukan? Berbeda dengan “mamano”, dalam bahasa Waropen artinya semak yang berbau enak dan sering di pakai untuk wangi-wangian dan obat pada masyarakat Waropen di Papua, lho!

3. Menserendahi

Roh yang di anggap atau di percayai sebagai manusia halus yang berkuasa atas alam dan manusia adalah pengertian dari dewa. Sedangkan bahasa Waropen mengenal kata “menserendahi” yang di gunakan untuk menyebut dewa tertinggi dalam mitologi suku bangsa Waropen di Papua.

4. Sawado

Bidang kelautan dan perikanan merupakan sektor andalan di Kabupaten Waropen. Potensi sumber daya perikanan dan kelautan yang cukup besar pun menjadikan masyarakat Waropen memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Saat hendak melaut, para nelayan menggunakan “sawado” atau perahu tidak bercadik sebagai alat transportasi.

5. Tabura

Papua terkenal akan keragaman alat musik tradisional yang menawan dan memiliki sejarah musik tradisional yang mendalam. Di Kabupaten Waropen sendiri memiliki alat musik tradisional yang di sebut “tabura”, yaitu alat tiup yang terbuat dari kulit kerang.

6. Wundo

Di dalam sebuah rumah tentu terdapat bagian-bagian rumah yang kita kenal dengan istilah teras, ruang tamu, ruang makan, hingga dapur. Nah, jika kita biasa menyebut ruang keluarga karena letaknya berada di tengah, maka dalam bahasa Waropen di sebut “wundo” yang artinya ruang tengah rumah.

Untuk mengenal lebih dalam tentang bahasa daerah di tanah Papua, KBBI menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu gunakan. Yuk, kita lestarikan bersama agar bahasa daerah di Indonesia tidak terancam punah!

Comments are closed.