Taman Nasional di Amerika yang Bisa Dijelajahi Secara Virtual

Taman Nasional di Amerika yang Bisa Dijelajahi Secara Virtual

Taman Nasional di Amerika yang Bisa Dijelajahi Secara Virtual

Taman Nasional di Amerika yang Bisa Dijelajahi Secara Virtual – Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli. Dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Taman nasional merupakan salah satu jenis kawasan konservasi karena dilindungi, biasanya oleh pemerintah pusat, dari perkembangan manusia dan polusi. Taman nasional merupakan kawasan yang dilindungi (protected area) oleh World Conservation Union Kategori II. Taman nasional terbesar adalah Taman Nasional Greenland Timur Laut, yang didirikan sejak tahun 1974.

Saat ini, ada sekitar 4.000 taman nasional di seluruh dunia dan beberapa yang paling bertingkat tersebar di seluruh Amerika. Selama National Park Week tahunan, taman-taman nasional di Amerika Serikat biasanya menjadi tuan rumah dari sejumlah acara dan kegiatan.

Namun, karena pada tahun 2020 terdapat pandemi global yang tidak memungkinkan untuk melakukan aktivitas di luar rumah, maka fokus National Park Week diubah. Jelajah taman nasional dilakukan secara digital, dengan sedikit bantuan dari National Park Service dan Google Earth.

1. Taman Nasional Pegunungan Great Smoky, North Carolina dan Tennessee

5 Taman Nasional di Amerika yang Bisa Dijelajahi Secara Virtual

Taman Nasional Pegunungan Great Smoky di Appalachian selatan menjulang di sepanjang perbatasan antara Tennessee dan North Carolina. Taman nasional ini adalah punggungan hutan seluas 500.000 hektar yang terkenal karena keanekaragaman tanaman dan kehidupan binatangnya.

Taman Nasional Pegunungan Great Smoky dinobatkan sebagai taman nasional paling populer di Amerika, dengan lebih dari 12 juta pengunjung per tahun.

Jika ingin menjelajah atau hanya ingin tahu mengapa Taman Nasional Pegunungan Great Smoky begitu populer, ikuti tur Google Earth ke tempat-tempat terkenal seperti Laurel Falls Trail. Atau periksa salah satu webcam yang didirikan oleh National Park Service (NPS).

Melalui National Park Service (NPS), beberapa gambar real-time diperbarui setiap 15 menit sehingga memungkinkan untuk melihat perubahan cuaca dan kualitas udara secara nyata di sana.

2. Taman Nasional Acadia, Maine

5 Taman Nasional di Amerika yang Bisa Dijelajahi Secara Virtual

Taman Nasional Acadia adalah taman nasional paling timur Amerika Serikat, dan satu-satunya di seluruh New England. Taman Nasional Acadia adalah salah satu tempat pertama di Amerika untuk menyaksikan matahari terbit. Taman nasional ini memiliki luas 49.000 hektar. Disepanjang pantai liar Maine yang menawarkan pemandangan indah samudera Atlantik.

Karena 90 persen dari Taman Nasional Acadia terletak di pulau-pulau pesisir, tidak ada cara yang lebih baik untuk menjelajahi taman ini selain secara virtual dengan melihat-lihat pantai berbatu di Gunung Desert Island.

Kamu bisa melakukan pelayaran virtual di dekat bekas desa nelayan Bar Harbor dan mengunjungi Teluk Maine untuk melihat anjing laut abu-abu.

3. Taman Nasional Olympic, Washington

5 Taman Nasional di Amerika yang Bisa Dijelajahi Secara Virtual

Terletak di Semenanjung Olympic, hanya 60 mil atau 97 kilometer dari Seattle, Taman Nasional Olympic ini memiliki beberapa ekosistem yang tersebar di hampir sejuta hektar tanahnya. Termasuk gunung-gunung yang tertutup gletser, hutan hujan sedang, dan garis pantai liar sepanjang 70 mil atau 113km.

Area Warisan Dunia di negara bagian Washington ini menarik 3 juta orang setiap tahun dan sangat disarankan untuk melakukan jelajah virtual ke beberapa tempat populer taman nasional.

Kamu bisa melihat-lihat pantai berbatu di Pantai Rialto atau Hole-in-the-Wall (wajah batu diukir oleh aktivitas vulkanik) di Google Earth. Atau periksa webcam National Park Service (NPS) untuk melihat gambar real-time dari Danau Crescent, Pegunungan Hurricane Ridge, dan Sungai Kalaloch Creek.

4. Taman Nasional Big Bend, Texas

5 Taman Nasional di Amerika yang Bisa Dijelajahi Secara Virtual

Taman Nasional Big Bend terletak di negara bagian perbatasan dengan Meksiko yang dipisahkan oleh tikungan besar di Sungai Rio Grande. Taman Nasional Big Bend adalah salah satu keajaiban alam Texas yang paling mengesankan. Pegunungan, gurun, dan sungai yang menyatu dalam taman nasional menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Duhulu Taman Nasional Big Bend adalah sudut paling terpencil di Texas, tetapi sekarang sudah dikunjungi 450.000 pengunjung per tahun. Meskipun taman nasional ini masih tampak rahasia dengan ngarai yang sepi dan beberapa langit malam paling gelap di dunia.

Dapatkan sekilas jelajah virtual yang seru di webcam National Park Service (NPS) di mana kamu bisa melihat puncak terjauh dari Panther Junction pada hari yang cerah atau kamu bisa mengunjungi tempat-tempat top seperti Boquillas Canyon dan Emory Peak di Google Earth.

5. Taman Nasional Zion, Utah

5 Taman Nasional di Amerika yang Bisa Dijelajahi Secara Virtual

Utah adalah negara bagian dari Amerika Serikat yang memiliki banyak taman nasional (hanya Alaska dan California yang memiliki lebih banyak taman nasional), dan salah satu taman nasional dengan banyak daftar pelancong adalah Taman Nasional Zion. Taman Nasional Zion adalah taman nasional pertama di Utah.

Dengan mengunjungi Taman Nasional Zion, kamu akan merasa sangat kecil di tengah-tengah tebing batu pasir merah yang menjulang tinggi ke langit. Di sana kamu juga bisa menyusuri jalan setapak dari suku Paiute kuno pada zaman dahulu.

Untuk merasakan salah satu taman nasional di Utah, kamu bisa melakukan pendakian virtual di salah satu jalur paling terkenal di Taman Nasional Zion, Angels Landing. Kamu bahkan bisa menenangkan diri di Sungai Virgin atau singgah di beberapa tempat paling menakjubkan di taman nasional ini termasuk The Narrows dan Temple of Sinawava, melalui Google Earth.

Comments are closed.