Sungai Terpanjang di Benua Amerika Beserta Luasnya

Sungai Terpanjang di Benua Amerika Beserta Luasnya

Sungai Terpanjang di Benua Amerika Beserta Luasnya

Sungai Terpanjang di Benua Amerika Beserta Luasnya – Benua Amerika adalah sebuah benua di dunia yang merujuk kepada wilayah daratan di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. Benua Amerika adalah benua terbesar ke 2 di dunia setelah Benua Asia .Luas wilayahnya ± 42.292.000 Km².

Benua ini umumnya dibagi menjadi 3 yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Istilah ini juga merujuk kepada wilayah Karibia, pulau-pulau sekitar Laut Karibia, dan Greenland (namun bukan Islandia).

Amerika Utara adalah benua di belahan bumi utara. Di bagian utara berbatasan dengan Lautan Arktik dan pada sebelah timur dengan Samudra Atlantik Utara, sedangkan sebelah selatan dengan Laut Karibia serta pada bagian sebelah barat dengan Samudra Pasifik Utara. Benua ini meliputi wilayah sebesar 24.500.000 km² atau sekitar 4,8% dari permukaan bumi.

Kebanyakan orang cenderung menganggap Amerika Tengah sebagai daerah Amerika Utara karena mereka berpendapat bahwa wilayah ini terlalu kecil untuk menjadi benua sendiri. Greenland, walaupun merupakan bagian Amerika Utara secara geografis dan di atas lempingan tektonik sama (lempingan Amerika Utara), tidak dianggap bagian benua ini secara politis.

Dan perlu di ketahui bahwa Sungai terpanjang di benua Amerika ini. Setiap sungai memiliki idnplay apk versi terbaru karakteristik yang berbeda-beda. Salah satu sungai terpanjang di dunia berada di benua Amerika yaitu sungai Amazon. Sungai ini diyakini sebagai sungai terpanjang kedua di dunia setelah sungai Nil di Afrika.

Benua Amerika merupakan sebuah daratan yang luas wilayahnya kedua terluas setelah benua Asia. Mengenai benua Amerika, tak hanya sungai Amazon, ada juga beberapa sungai terpanjang yang terbentang di benua ini.

Nah.. Benua Amerika juga memiliki daftar sungai terpanjang. Kira-kira sungai apa saja? Yuk.. kita simak.

1. Sungai Amazon

Sungai Amazon merupakan sungai di Amerika Selatan yang merupakan sungai terpanjang kedua di dunia setelah sungai Nil. Sungai ini mengalir dari Rio Mantaro, Peru dan bermuara di Samudra Atlantik.

Sungai Amazon

Selain Peru, aliran dari sungai Amazon ini melewati beberapa negara di Amerika Selatan antara lain Brasil, Ekuador, Kolombia dan Bolivia. Ada beberapa pendapat terkait panjang sungai ini.

Hasil studi beberapa ilmuwan pada 2009 dengan menggunakan kombinasi analisis citra satelit dan investigasi di lapangan menyimpulkan sungai Amazon memiliki panjang 6.575 km.

2. Sungai Mississippi

Sungai ini letaknya di Amerika Utara. Panjangnya sungai Mississippi ini mencapai 3.734 KM. Nama Mississippi diambil dalam dari bahasa penduduk asli Amerika yang artinya ‘Bapak Air’.

Sungai Mississippi

Sungai Mississippi menjadi salah satu ikon Amerika Serikat. Di sungai terpanjang di Amerika Serikat ini juga hidup banyak tumbuhan, hewan, kerang, ikan dan beberapa jenis amfibi.

Air yang mengaliri sungai ini berasal dari Danau Itasca di sebelah utara Minnesota. Alirannya membelah daratan AS ke arah selatan dan bermuara di Teluk Meksiko.

3. Sungai Yukon

Sungai Yukon juga disebut masuk dalam jajaran sungai terpanjang di benua Amerika. Panjang sungai yang bersumber di Provinsi British Columbia, Kanada ini adalah 3.190 km. Sepanjang sungai yang mengalir sampai ke Alaska ini memiliki keindahan yang seru sehingga sering dijadikan tempat wisata.

4. Sungai Rio Grande

Sungai Rio Grande di wilayah bagian Barat Daya dan Meksiko Utara. Panjang sungai Rio Grande mencapai sekitar 3.051. Sungai ini menjadi pembatas Texas dan juga negara bagian Meksiko Chihuahua, Coahuila, hingga Nuevo Leon.

5. Sungai Missouri

Sungai Missouri yang menjadi salah satu sungai terpanjang di benua Amerika. Sungai Missouri memiliki panjang 3.768 KM. Sungai ini merupakan anak dari sungai Mississippi.

Comments are closed.