Serial TV Tentang Politik Amerika Serikat yang sayang Jika di Lewatkan

Serial TV Tentang Politik Amerika Serikat yang sayang Jika di Lewatkan

Serial TV Tentang Politik Amerika Serikat yang sayang Jika di Lewatkan

Serial TV Tentang Politik Amerika Serikat yang sayang Jika di Lewatkan – Jenis program televisi dapat dibedakan berdasarkan bentuk jadi (format) teknis atau berdasarkan isi. Bentuk jadi teknis merupakan bentuk jadi umum yang menjadi acuan terhadap bentuk program televisi. Seperti gelar wicara (talk show), dokumenter, film, kuis, musik, instruksional, dll.

Berdasarkan isi, program televisi berbentuk non-berita dapat dibedakan antara lain berupa program hiburan, drama, olahraga, dan agama. Sedangkan untuk program televisi berbentuk berita secara garis besar digolongkan ke dalam warta penting (hard news) atau berita-berita mengenai peristiwa penting. Yang baru saja terjadi dan warta ringan (soft news) yang mengangkat berita bersifat ringan.

Dunia politik adalah sesuatu yang penuh intrik, konflik dan banyak kepentingan dari segelintir golongan. Bagi sineas dunia, ini adalah sumber inspirasi untuk plot cerita yang sangat menarik. Gambaran politik di balik layar yang tidak banyak diketahui khalayak umum menjadi daya tarik tersendiri.

Apalagi perpolitikan Amerika Serikat, yang notabene merupakan negara adi kuasa.

1. Scandal – 7,7

Serial ini menceritakan Olivia Pope, mantan jubir White House yang mulai menjalankan perusahaan manajemen krisisnya sendiri. Ia dikenal sebagai pemecah masalah profesional serumit apapun. Namun di balik kesuksesannya itu, kehidupan pribadinya justru berjalan pelik. Ia terlibat skandal besar dengan Presiden Amerika Serikat, Fitzgerald Scott.

Keduanya terlibat hubungan terlarang yang memicu banyak kontroversi. Meski ini kisah fiktif, kasus ini akan mengingatkan banyak orang dengan skandal yang pernah menimpa Presiden Amerika Serikat Bill Clinton, yang terjerumus skandal perselingkuhan dengan seorang wanita bernama Monica Lewinsky.

2. Homeland – 8,3

Homeland awalnya merupakan drama thriller yang mengisahkan seorang agen bipolar CIA, yang  merasa yakin bahwa seorang tawanan perang telah diubah oleh Al-Qaeda dan berencana untuk melakukan serangan teroris di Amerika Serikat.

Namun secara bertahap plot cerita berubah setiap musimnya, dan terkadang mengisahkan intrik politik di balik layar Gedung Putih atas setiap tindakan yang mereka ambil untuk kebijakan di seluruh dunia.

3. Veep – 8,3

Jika serial lainnya menyajikan hal-hal di balik dunia perpolitikan Amerika Serikat dengan serius, Veep tampil berbeda dengan genre komedi. Serial HBO ini menceritakan kehidupan seorang politikus wanita bernama Selina Meyer yang terpilih untuk menjadi Vice President alias wakil presiden.

Namun realitas yang ia bayangkan tidak seperti apa yang diharapkan, justru sesuai dengan apa yang pernah orang-orang peringatkan kepadanya. Diwarnai sindiran-sindiran halus untuk dunia politik, serial ini memberikan kita hiburan yang mampu menertawakan apa yang kita pikirkan prestisius.

4. House Of Cards – 8,7

Jika kalian ingin memahami dunia politik praktis dengan menikmati TV series, House Of Cards wajib ditonton. Lewat serial ini kita disajikan bagaimana berbagai intrik, pengkhianatan dan ironi dunia perpolitikan Amerika Serikat digambarkan dengan detail seperti realitas yang terjadi.

Serial ini terbilang sukses besar dengan dua penghargaan Golden Globe untuk kategori Aktor TV Series Terbaik (Kevin Spacesy) dan Aktris TV Series Terbaik (Robin Wright).

5. The Wire – 9,3

Dinilai sebagai salah satu serial kriminal terbaik sepanjang masa, series ini menggambarkan dunia narkotika di sebuah kota, Baltimore dari sudut pandang pengedar dan penegak hukum. Namun ceritanya terus berkembang dengan menyajikan realitas kehidupan perkotaan Amerika dengan segala sisi gelapnya.

Kita juga disajikan pertunjukan yang menggambarkan kehidupan “lingkaran setan” dunia narkoba, dari pecandu hingga pengedar, dan dari polisi hingga politisi.

Itulah lima serial terbaik yang menggambarkan dunia perpolitikan Amerika Serikat yang penuh intrik dan drama. Meski ceritanya fiktif, deretan serial tersebut mampu mewakili realitas yang sebenarnya terjadi.

Comments are closed.