Rupiah Melemah 42 Poin, Setelah RI Turun Jadi Kelas Menengah Bawah

Rupiah Melemah 42 Poin, Setelah RI Turun Jadi Kelas Menengah Bawah

Rupiah Melemah 42 Poin, Setelah RI Turun Jadi Kelas Menengah Bawah

Nilai ubah rupiah pada dolar Amerika Serikat (AS) di tutup melemah pada perdagangan Kamis (8/7/2021).

Di lasnir dari laman onlinetradingsouthafrica.com, dalam Bloomberg, rupiah di tutup melemah 42 poin ke level Rp14.525 per dolar AS sore ini. Pada penutupan perdagangan sebelumnya rupiah berada di level 14.482 per dolar.

1. Indonesia turun peringkat di World Bank

Di kutip dari laman download idnplay poker, Direktur PT. TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menyebutkan salah satu faktor pelemahan rupiah sore ini yaitu pengumuman dari Bank Dunia atau World Bank yang menyebut Indonesia kembali jadi negara berpendapatan menengah bawah (lower middle income). Ini di sebabkan sebab Indonesia belum berhasil menanggulangi lonjakan pandemik COVID-19 hingga saat ini.

Bank Dunia menyebut Gross National Income (GNI) atau penghasilan nasional bruto Indonesia saat ini sebesar 3.870 dolar AS per kapita.

“Artinya Indonesia turun satu kasta setelah 2019 lalu Indonesia berperingkat sebagai negara berpendapatan menengah ke atas (upper middle income),” jelasnya.

2. Pandemik menghancurkan ekonomi RI

Pandemik COVID-19 pada 2020 telah membuat perekonomian Indonesia luluh lantak. Ekonomi Indonesia pada 2020 mengalami kontraksi pertumbuhan 2,07 persen di bandingkan tahun 2019. Realisasi tersebut merupakan kontraksi yang terparah sejak 1998.

Kendati demikian, pemerintah optimistis Indonesia bisa kembali menjadi negara berpendapatan kelas menengah ke atas.

“Apabila pandemik COVID-19 sudah berakhir,” kata Ibrahim. “Ini perlu kerja sama antar lembaga, baik pemerintah maupun masyarakat guna untuk menghentikan lonjakan penyakit virus corona (COVID-19) serta di barengi dengan vaksinasi massal.”

3. Rupiah di prediksi melemah lagi di akhir pekan besok

Ibrahim mengatakan, pelemahan rupiah hari ini berpotensi terus berlanjut hingga penutupan perdagangan Jumat besok.

“Untuk perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan di buka berfluktuatif namun di tutup melemah di rentang Rp14.510-Rp14.600,” katanya.

Comments are closed.