Presiden Meksiko dan Brasil Belum Mengucapkan Selamat Kepada Biden

Presiden Meksiko dan Brasil Belum Mengucapkan Selamat Kepada Biden

Presiden Meksiko dan Brasil Belum Mengucapkan Selamat Kepada Biden

Presiden Meksiko dan Brasil Belum Mengucapkan Selamat Kepada BidenJoseph Robinette Biden Jr. lahir di Scranton, Pennsylvania, 20 November 1942; umur 78 tahun) adalah seorang politikus Amerika yang saat ini adalah Presiden terpilih Amerika Serikat. Setelah mengalahkan Donald Trump yang merupakan petahana saat pemilihan umum Presiden Amerika Serikat 2020, dia akan dilantik sebagai Presiden AS ke-46 pada Januari 2021.

Ia adalah anggota Partai Demokrat dan pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Amerika. Serikat ke-47 dari 2009 hingga 2017 serta Senator senior dari Delaware dari 1973 hingga 2009.

Pemilihan presiden di Amerika Serikat sudah diselenggarakan pada hari Rabu (4/11) lalu. Sementara hasil pemilu AS menunjukkan keunggulan capres usungan Partai Demokrat, Joe Biden yang sudah melampaui 50 persen poling suara yang menandakan kemenangannya atas APK IDNPlay Poker Android calon petahana Donald Trump.

Atas kemenangan Biden, maka pemimpin dunia lain langsung memberikan ucapan selamat atas terpilihnya calon dari Partai Demokrat tersebut. Lain halnya dengan Presiden Brasil dan Meksiko yang justru diam dan masih enggan mengucapkan selamat.

1. Amlo enggan ucapkan selamat apabila belum adanya keputusan resmi

Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador atau Amlo sejak hari Minggu (08/11) masih enggan mengucapkan selamat kepada Joe Biden dengan dalih ingin menunggu keputusan resmi setelah berakhirnya perhitungan suara. Selain itu, hal ini juga untuk menghindari gesekan dengan pemimpin di Washington saat berlangsungnya transisi, dikutip dari The Guardian.

Bahkan Amlo mengatakan apabila selama kepemimpinan Donald Trump, Meksiko memiliki hubungan yang cukup baik dengan Amerika Serikat. Meskipun ketika AS di bawah Trump sempat mengancam memberlakukan pajak produk Meksiko apabila tidak dapat membantu AS dalam memberantas imigran gelap asal Amerika Tengah. “Akan tetapi AS sangat menghargai kita dan tidak ikut campur urusan dalam negeri kita”, ujar Amlo.

2. Bolsonaro masih hening ketika mendengar kabar kekalahan Trump

Presiden Meksiko dan Brasil Masih Enggan Ucapkan Selamat Kepada BidenSama halnya dengan Amlo, Presiden Brasil Jair Bolsonaro yang selama ini memiliki kesamaan karakter dengan Presiden AS, Donald Trump bahkan dijuluki Trump dari Tropis tersebut juga enggan memberikan komentar apapun terkait kemenangan Biden dalam pilpres AS.

Sebelumnya Biden juga mengkritik pemerintahan Brasil di bawah Bolsonaro, apabila AS harus menekan Brasil agar lebih menjaga dengan baik Hutan Hujan Amazon. Hal tersebut langsung dibalas oleh Bolsonaro dengan mengucapkan, “sungguh mengecewakan, Tn. John Biden”, dikutip dari Al Jazeera.

3. Mempunyai kedekatan dengan Presiden Trump

Pemimpin dua negara dengan perekonomian terbesar di Amerika Latin, Brasil dan Meksiko selama ini memiliki kedekatan dan kesamaan karakteristik dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Maka dari itu, keduanya masih enggan untuk memberikan ucapan selamat kepada presiden baru AS tersebut, dilansir dari AP News.

Mengutip dari Al Jazeera, selain Meksiko dan Brasil, Presiden Rusia Vladimir Putin juga masih belum memberikan reaksi atas terpilihnya Joe Biden sebagai presiden AS yang ke 46. Selama kepemimpinan Trump, Rusia juga mempunyai hubungan yang cukup baik. Namun adapun pemimpin yang terkenal dengan Trump namun tetap memberikan selamat pada Biden, seperti Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, PM India Narendra Modi dan PM Israel Benjamin Netanyahu.

Comments are closed.