Negara Maju Paling Makmur di Dunia Berdasarkan Pendapatan Perkapita

Negara Maju Paling Makmur di Dunia Berdasarkan Pendapatan Perkapita

Negara Maju Paling Makmur di Dunia Berdasarkan Pendapatan Perkapita

Negara Maju Paling Makmur di Dunia Berdasarkan Pendapatan Perkapita – Negara-negara paling makmur di dunia sudah pasti terdiri dari negara-negara maju yang ada didunia. Diurutkan berdasakan pendapatan per kapita. Negara yang meliputi nilai akhir serta semua barang yang diproduksi oleh negara tersebut selama setahun.

Untuk menghitung jumlah pendapatan per kapita, hanya tinggal membagi pendapatan negara dengan jumlah populasi di negara tersebut. Maka kita dapat mengetahui berapa rata-rata nilai setiap warga yang Login IDN Poker Mobile tinggal di sebuah negara dan dapat kita jadikan ukuran kemakmuran negara tersebut.

Pendapatan per kapita sebuah negara dapat menjadi indikator langsung kesejahteraan warga negara sekaligus menjadi nilai standar kehidupan mereka. Namun, meski pendapatan per kapita sebuah negara sangat tinggi, bukan berarti semuanya memiliki standar hidup yang sama karena kekayaan sebuah negara tidak terdistribusi secara adil.

Berikut daftar negara paling makmur di dunia berdasarkan pendapatan per kapita yang dihitung dengan satuan US Dolar.

1. Qatar

Sebagai negara terkaya di dunia, pendapatan per kapita Qatar mencapai USD 133.250. Sama seperti negara tetangganya yaitu Uni Emirat Arab dan Kuwait, penyumbang kekayaan terbesar adalah minyak. Qatar menjadi negara kaya raya setelah harga minyak melonjak tajam pada tahun 2000-an. Selain itu Qatar juga mengekspor gas alam. Negara ini tidak memungut pajak pendapatan pada warganya.

2. Luxemburg

Luxemburg adalah negara kecil yang cukup padat di Eropa. Negara ini memiliki tingkat pengangguran sangat rendah, dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil. Dengan pendapatan per kapita USD 112.620, penyumbang terbesar kekayaan negara adalah industri baja, kimia, karet, dan perbankan.

3. Singapura

Meski menjadi salah satu negara terkecil di dunia, Singapura juga menjadi salah satu negara paling padat di dunia. Hampir seluruh wilayah negara Singapura adalah ibukota negara itu sendiri. Pendapatan per kapita negara ini pada 2018 adalah USD 102.030, dengan penyumbang terbesar ada pada sektor produksi. Singapura dikenal sebagai negara pengimpor barang terbesar, memoles produk tersebut untuk kemudian diekspor kembali.

4. Brunei Darussalam

Negara kecil yang terletak di wilayah Asia Tenggara ini dipimpin oleh seorang sultan. Kesejahteraan warga Brunei sangat tinggi dengan pendapatan per kapita USD 86.480 di tahun 2018. Brunei tidak menarik pajak apapun pada warganya, namun justru memberikan pendidikan dan layanan kesehatan gratis. Kekayaan Brunei berasal dari simpanan minyak dan gas, serta investasi luar negeri yang dilakukan.

5. Irlandia

Selama 20 tahun terakhir, perekonomian di Irlandia berkembang dengan sangat pesat. Pada tahun 2018, pendapatan per kapita Irlandia mencapai USD 81.690, salah satu yang tertinggi di dunia. Sayangnya, jumlah ini masih diperdebatkan karena sumber pendapatan terbesar Irlandia berasal dari perusahaan yang berbasis di luar negara tersebut.

6. Norwegia

Selain menjadi salah satu negara makmur dengan pendapatan per kapita USD 76.620, Norwegia juga menjadi salah satu tempat terbaik di dunia untuk dijadikan tempat tinggal. Sumber daya alam di negara ini sangat melimpah. Mulai dari minyak, gas alam, hutan, juga pemandangan alam yang indah. Meski demikian, jumlah minyak yang semakin menurun menjadi ancaman serius bagi perekonomian Norwegia.

7. Uni Emirat Arab

Dua negara paling terkenal dalam persatuan Emirat Arab adalah Abu Dhabi dan Dubai. Pendapatan per kapita yang mencapai USD 72.180 sebagian besar diperoleh dari suplai minyak yang melimpah di sana. Dari penghasilan yang didapatkan melalui ekspor minyak, negara federasi Arab dapat membiayai dana kesehatan, pendidikan, dan militer seluruh warganya.

8. Kuwait

Sebagai negara kecil, persebaran penduduk Kuwait tidak merata karena sebagian besar warganya tinggal di ibukota negara, Kuwait City. Namun dengan pendapatan per kapita USD 69.260, kesejahteraan warga Kuwait sangat tinggi. Perekonomian negara ini berkembang dengan sangat baik karena besarnya cadangan minyak di sana. Hampir semua pendapatan ekspor Kuwait didapatkan dari minyak. Meski tanah Kuwait tidak subur, negara ini bisa mengimpor makanan dan air dalam jumlah besar. Warga Kuwait bahkan tidak perlu membayar pajak pendapatan.

9. Swiss

Dengan pendapatan per kapita USD 66.780, Swiss berhasil mengalahkan Amerika Serikat sebagai negara makmur di dunia. Layanan keuangan menjadi sektor penyumbang terbesar bagi perekonomian Swiss, yang menjadi pusat bank-bank kelas dunia. Sektor lain yang menyokong perekonomian negara tersebut antara lain industri obat-obatan, pariwisata, juga ekspor bahan-bahan kimia, mesin, elektronik, dan jam tangan.

10. Amerika Serikat

Di peringkat 10 ada negara adidaya Amerika Serikat. Berdasarkan pendapatan negara mereka, Amerika Serikat adalah negara terkaya di dunia. Namun setelah dibagi dengan jumlah penduduknya (yang merupakan terbesar ketiga di dunia!), maka Amerika Serikat hanya menempati posisis 10 saja.

Pendapatan per kapita Amerika Serikat adalah USD 65.060. Baru-baru ini Amerika Serikat diserang krisis ekonomi dan mengalami kesenjangan pendapatan yang sangat besar di antara warganya. Dua penyumbang utama pada perekonomian Amerika Serikat adalah sector pelayanan negara yang luas dan sumber daya melimpah,

Comments are closed.