Lima Manfaat Menulis Jurnal Seperti yang Di Lakukan Oleh Andra Alodita

Lima Manfaat Menulis Jurnal Seperti yang Di Lakukan Oleh Andra Alodita

Lima Manfaat Menulis Jurnal Seperti yang Di Lakukan Oleh Andra Alodita

Di lansir dari Psychology Today, dokter keluarga Wayne Jonas M.D. menjelaskan bahwa menulis jurnal dapat mengurangi stres, depresi, dan menjadi proses healing. Ini sejalan dengan yang di lakukan Andra Alodita, influencer yang kerap membagikan pengalamannya menulis jurnal.

Di lansir dari laman onlinetradingsouthafrica.com, Andra, melalui unggahan Instagramnya, bercerita bahwa menulis jurnal dapat mengurangi stres, mengenal diri lebih baik, dan bentuk self love untuk dirinya. Nah, penasaran kan apa saja manfaat menulis jurnal? Yuk, cari tahu!

1. Melatih rasa syukur

Di kutip dari laman Poker77, Andra Alodita membagikan isi jurnal dan hal apa saja yang ia tulis dalam bukunya. Salah satunya adalah menuliskan apa yang ia syukuri setiap hari. Kamu juga bisa membiasakan diri untuk menulis apa yang membuatmu bersyukur hari itu.

Hal yang di syukuri tak selalu sesuatu yang besar dan menakjubkan. Kamu bisa bersyukur jika hari cerah atau jalanan tidak macet. Dengan demikian, kamu akan lebih bahagia karena merasa cukup akan hidupmu.

2. Membuatmu merasa bahagia dengan hal sederhana

Andra bercerita, dengan menulis jurnal, membuatnya merasakan hidup yang lebih tenang. Ibu satu anak ini tak merasa perlu memiliki sesuatu yang mewah untuk membuat dirinya bahagia, namun cukup dengan hal-hal sederhana di sekelilingnya.

Di lansir Very Well Mind, Elizabeth Scott, MS, menjelaskan bahwa menulis gratitude journal memang efektif untuk mengurangi stres karena hal ini membuat kita fokus pada hal apa yang telah kita miliki. Karena itu, akan tercipta perasaan yang lebih positif.

3. Mengurangi stres dengan menulis jurnal

Masih dari Very Well Mind, Elizabeth menjelaskan bahwa menulis jurnal mampu mengeksplorasi pikiran dan perasaan. Karenanya, kamu ebih memahami apa yang membuat stres, apa yang membuat emosi berantakan, dan dapat menguraikan perasaan.

Hal ini sejalan dengan yang dibagikan Andra. Ia membiasakan diri untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan journaling untuk mengenal inner self. Dengan memahami siapa dirimu, kamu memahami apa yang membuatmu stres sehingga dapat menghindarinya.

4. Menulis jurnal meningkatkan daya kognitif

Menulis jurnal tak hanya bisa mengurai emosi dalam dirimu, namun juga meningkatkan daya kognitif kamu. Elizabeth menyebutkan bahwa menulis jurnal telah terbukti mampu meningkatkan fungsi kognitif dalam diri seseorang.

5. Meningkatkan daya kreativitas

Andra juga membagikan pengalamannya menulis jurnal yang tidak terbatas pada catatan tangan. Ia menggambar, bahkan menghias buku jurnalnya. Wah, seru banget ya!

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa kamu dapat jika rutin menulis jurnal. Ternyata, banyak ya manfaatnya? Apakah kamu tertarik untuk mengikuti jejak Andra Alodita?

Comments are closed.