Hewan-hewan Unik yang Bisa Ditemui di Sungai Mississippi

Hewan-hewan Unik yang Bisa Ditemui di Sungai Mississippi

Hewan-hewan Unik yang Bisa Ditemui di Sungai Mississippi

Hewan-hewan Unik yang Bisa Ditemui di Sungai Mississippi – Tahukah kamu jika banyak sekali hewan aneh yang hidup di bumi? Maksud dari aneh di sini adalah hewan dengan bentuk unik yang jarang terlihat di kehidupan sehari-hari. Alasannya bisa jadi karena mereka tinggal di tempat yang tidak terjangkau manusia atau memang spesiesnya terancam punah sehingga hanya tersisa sedikit.

Kamu pasti pernah mendengar tentang Sungai Mississippi, bukan? Ya, sungai yang terletak di Amerika Serikat ini sangat populer karena merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia.

Bersambung dengan Sungai Missouri dan Sungai Jefferson, sistem Sungai Mississippi mencapai panjang total 6.275 km sehingga menjadi sistem sungai terpanjang keempat di dunia. Karena panjangnya yang luar biasa, Sungai Mississippi tentu menjadi Deposit Poker IDNPlay habitat bagi banyak hewan akuatik maupun semiakuatik di Amerika Serikat.

1. Aligator amerika

6 Hewan Unik yang Bisa Ditemui di Sungai Mississippi, Amerika Serikat

Salah satu predator alfa di Sungai Mississippi, Aligator amerika (Alligator mississippiensis), adalah salah satu spesies terbesar dari keluarga buaya. Namun, mereka berbeda dengan buaya, misalnya dalam hal penampilan, aligator memiliki moncong yang lebih membulat dibanding buaya.

Berukuran panjang hingga 4,5 meter dan berat 450 kilogram, aligator amerika adalah ancaman utama bagi penghuni Sungai Mississippi, seperti ikan, kura-kura, ular, dan mamalia kecil. Mereka juga adalah pemangsa oportunis yang gak segan makan bangkai. Meski canggung di darat, aligator amerika adalah perenang dan predator andal di dalam air.

2. Kura-kura snapping aligator

6 Hewan Unik yang Bisa Ditemui di Sungai Mississippi, Amerika Serikat

Hewan yang satu ini juga memiliki kata aligator dalam namanya. Kura-kura snapping aligator (Macrochelys temminckii) mendapat sebutan aligator karena mereka adalah predator yang mengerikan, terutama karena mereka memiliki paruh tajam dan gigitan yang sangat kuat.

Dilansir laman Animal Diversity, kura-kura snapping aligator adalah kura-kura air tawar terbesar di dunia dengan panjang mencapai 1 meter dan berat 80 kg. Mereka berburu dengan cara yang unik karena membuka mulutnya lebar-lebar untuk menampakkan lidahnya yang kecil dan pink seperti cacing.

Ikan yang tertipu akan datang karena mengira lidah tersebut adalah makanannya. Lalu, kura-kura ini akan menutup mulutnya secepat kilat, sebuah gerakan yang dalam bahasa Inggris disebut snapping. Seperti aligator, kura-kura ini adalah predator alfa di Sungai Mississippi.

3. Salamander hellbender

6 Hewan Unik yang Bisa Ditemui di Sungai Mississippi, Amerika Serikat

Di Sungai Mississippi juga terdapat salamander yang unik, yaitu salamander hellbender (Cryptobranchus alleganiensis). Mereka adalah salamander terbesar di Amerika Utara dengan panjang mencapai 75 cm. Salamander hellbender adalah nokturnal karena menghabiskan waktu pada siang hari bersembunyi di celah bebatuan dan berburu pada malam hari.

Makanan salamander ini mencakup lobster, ikan, ular air, katak, bahkan sesama spesiesnya sendiri. Mereka punya paru-paru saat dewasa, tapi bukan untuk bernapas, melainkan untuk mengambang di air. Mereka bernapas dengan cara menyerap oksigen menggunakan kulitnya. Saat ini mereka berstatus hampir terancam punah dan termasuk satwa yang dilindungi.

4. Ikan dayung amerika

6 Hewan Unik yang Bisa Ditemui di Sungai Mississippi, Amerika Serikat

Sungai Mississippi tentu juga adalah rumah bagi ratusan jenis ikan. Salah satu ikan unik yang bisa kita temui di sungai ini adalah ikan dayung amerika (Polyodon spathula). Ikan dayung sendiri adalah jenis ikan yang mendapatkan namanya karena memiliki moncong yang berbentuk seperti dayung. Ikan dayung kerap disebut juga ikan paruh sendok.

Laman Fish and Wildlife Service menyebut bahwa ikan dayung amerika adalah spesies purba. Mereka sudah menghuni wilayah Amerika Utara sejak 65 juta tahun lalu. Selain itu, ikan ini juga memiliki ukuran yang luar biasa karena panjangnya bisa mencapai 2,2 meter dan berat 200 kg. Bahkan, telur mereka saja bisa mencapai berat 9 kg!

Karena ukurannya itu, ikan dayung amerika sering dijadikan target dalam olahraga memancing. Itu membuat populasi mereka berkurang dan saat ini berstatus terancam. Di Sungai Mississippi sendiri, ikan dayung berperan sebagai plankton, serangga, dan krustasea.

5. Ikan patin berkepala datar 

6 Hewan Unik yang Bisa Ditemui di Sungai Mississippi, Amerika Serikat

Selain ikan dayung, ikan berukuran besar lain yang menghuni Sungai Mississippi adalah ikan patin berkepala datar (Pylodictis olivaris). Panjang mereka bisa lebih dari 1 meter, sedangkan beratnya bisa mencapai 56 kg. Ukurannya itu membuat mereka jadi ikan patin terbesar kedua di Amerika Utara.

Ikan patin berkepala datar kadang disebut juga patin lumpur. Sebutan itu mengacu pada kebiasaan mereka bersembunyi di lumpur di dasar sungai sambil menunggu mangsanya lewat. Hewan yang menjadi mangsa mereka mencakup ikan, lobster, serangga, bahkan mereka gak segan untuk memangsa sesamanya sendiri.

6. Dugong florida 

6 Hewan Unik yang Bisa Ditemui di Sungai Mississippi, Amerika Serikat

Last but not least, kita juga bisa menemui dugong florida (Trichechus manatus latirostris), subspesies dari dugong hindia barat yang berhabitat di sekitar Florida. Dugong sebenarnya adalah hewan laut, tapi mereka kerap terlihat di Sungai Mississippi saat bermigrasi ke sungai tersebut untuk mencari makan.

Dugong sendiri adalah hewan yang cukup besar. Mereka bisa mencapai panjang 4,5 meter dan berat 1,5 ton. Namun, mereka adalah hewan herbivor yang lembut. Makanannya hanya berupa rumput laut dan alga. Karena itu, mereka juga kadang disebut sapi laut. Namun, untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, kadang dugong juga suka makan ikan dan hewan invertebrata

Comments are closed.