Gurun Pasir Paling Eksotis yang ada di Seluruh Dunia

Gurun Pasir Paling Eksotis yang ada di Seluruh Dunia

Gurun Pasir Paling Eksotis yang ada di Seluruh Dunia

Gurun Pasir Paling Eksotis yang ada di Seluruh Dunia – Padang pasir adalah suatu daerah yang menerima curah hujan yang sedikit – kurang dari 250 mm per tahun. Gurun dianggap memiliki kemampuan kecil untuk mendukung kehidupan.

Jika dibandingkan dengan wilayah yang lebih basah hal ini mungkin benar, walaupun jika diamati secara saksama, gurun sering kali memiliki kehidupan yang biasanya tersembunyi (khususnya pada siang hari) untuk mempertahankan cairan tubuh. Kurang lebih sepertiga wilayah bumi adalah berbentuk gurun. Ada berbagai tempat di muka Bumi ini yang menawarkan aplikasi idn poker versi terbaru pesona alam luar biasa.

Tempat-tempat tersebut terkadang merupakan yang jarang terjamah oleh manusia, namun memiliki keindahan yang tiada duanya. Salah satunya padang gurun pasir. Berikut 7 padang pasir yang memiliki pemandangan memesona dan eksotis.

1. Sahara

Nama Gurun Sahara adalah gurun terluas di Afrika yang melintasi berbagai negara, mulai dari Aljazair, Libya, Mali, Maroko, Mauritania, Mesir, Niger, Sudan, dan Tunisia.Tidak hanya terdiri dari gurun pasir saja, Gurun Sahara ini juga memiliki pegunungan gersang, dataran tinggi, dan oasis. Uniknya, salah satu gurun terpanas ini memiliki kurang lebih 20 danau dan waduk bawah tanah.

2. Arabia

Kondisi di gurun ini sangat kering dan panas karena curah hujan yang terjadi sepanjang tahun hanya sekitar 100 mm saja. Adapun spesies fauna yang hidup di Gurun Arabia adalah rusa, kijang, kucing pasir, dan kadal berekor duri. Gurun yang suhu tertingginya bisa mencapai 46 derajat celcius ini juga merupakan penghasil sumber daya minyak, belerang, gas alam, dan fosfat.

3. Gobi

Berada di China dan Mongolia, Gurun Gobi merupakan padang pasir terbesar di Asia. Meskipun Gurun Gobi termasuk gurun musim dingin, suhu di gurun ini terbilang ekstrim. Di siang hari, suhu di Gurun Gobi bisa mencapai 40 derajat celcius, sedangkan di malam harinya, suhu bisa mencapai minus 40 derajat celcius. Nama Gobi diambil dari Bahasa Mongolia, yang artinya besar dan kering.

4. Kalahari

Gurun Kalahari adalah salah satu gurun terluas di Afrika.Gurun yang berada di Afrika Selatan ini melintas beberapa Negara, seperti Bostwana, Namibia, dan Afrika Selatan. Intensitas curah hujan di gurun ini berkisar antara 3 – 7,5 inci. Kalahari bukan sepenuhnya gurun pasir yang panas dan gersang sehingga lebih banyak spesies flora dan fauna yang dapat hidup di sini.

5. Patagonia

Patagonia merupakan gurun musim dingin di Argentina Selatan.Gurun ini berbatasan langsung dengan Samudera Atlantik dan Pegunungan Andes. Mengingat Patagonia termasuk gurun musim dingin, suhu di gurun ini bisa mencapai 3 derajat celcius dan tidak pernah lebih dari 12 derajat celcius. Musim dingin di gurun ini berlangsung selama 7 bulan, sedangkan musim panasnya hanya 5 bulan.

6. Great Victoria

Gurun pasir di Australia ini bukan hanya berisi hamparan pasir saja, tetapi ada juga dataran padang rumput, gurun berkerikil, dan daun garam. Gurun ini sering dilewati oleh badai, terhitung ada sekitar 15-20 badai yang terjadi di sini setiap tahunnya. Pada musim panas, suhu udara di Great Victoria bisa mencapai 40 derajat celcius, sedangkan di musim dingin sekitar 18-23 derajat celcius.

7. Suriah (Syrian Desert)

Gurun Suriah merupakan jenis gurun subtropis yang melintasi bagian tenggara Suriah, timur laut Yordania, utara Saudi Arabia, dan barat Irak. Mengingat gurun ini merupakan jenis gurun subtropis, lebih banyak spesies hewan yang memiliki habitat di gurun ini, seperti bangau, kuntul, jackal, rusa, tikus kecil, burung unta, sampai dengan predator seperti laba-laba, ular, dan kalajengking.

Comments are closed.