Fakta Menarik Tentang Negara Meksiko di Wilayah Amerika Utara

Fakta Menarik Tentang Negara Meksiko di Wilayah Amerika Utara

Fakta Menarik Tentang Negara Meksiko di Wilayah Amerika Utara

Fakta Menarik Tentang Negara Meksiko di Wilayah Amerika UtaraBenua Amerika adalah sebuah benua di dunia yang merujuk kepada wilayah daratan di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. Benua Amerika adalah benua terbesar ke 2 di dunia setelah Benua Asia .Luas wilayahnya ± 42.292.000 Km².

Benua ini umumnya dibagi menjadi 3 yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Istilah ini juga merujuk kepada wilayah Karibia, pulau-pulau sekitar Laut Karibia, dan Greenland (namun bukan Islandia).

Nah…Negara Meksiko Serikat atau Meksiko dalam bahasa Spanyol Estados Unidos Mexicanos atau México) adalah sebuah negara yang terletak di Amerika Utara berbatasan dengan Amerika Serikat, Guatemala dan Belize di sebelah tenggara, Samudra Pasifik di barat dan Teluk Meksiko dan Laut Karibia di sebelah timur.

Negara Meksiko merupakan negara terbesar ketiga di Amerika Latin dan juga negara yang paling banyak berbahasa Spanyol. Nama negara Meksiko ini diambil dari idnplay apk versi terbaru nama ibu kotanya yang berasal dari nama ibu kota kuno Aztec yaitu Mexico-Tenochtitlan.

Berikut  fakta unik terkait dengan negara meksiko simak fakta-faktanya.

1. Nama resmi negara ini adalah Estados Unidos Mexicanos, seperti Indonesia dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau Amerika dengan United State of America.
2. Hampir 300 tahun Meksiko hidup di bawah jajahan Spanyol.
3. Meksiko merdeka dari Spanyol pada tahun 1821.
4. Kota Meksiko dijadikan ibukota tiga tahun setelah merdeka atau pada tahun 1824.
5. Meksiko merupakan kota tertua di Amerika Utara.
6. Pemberontakan atau yang sering disebut Revolusi Meksiko dimulai pada 1910 ketika orang-orang Meksiko menggulingkan kekuasaan diktator lama.
7. Meksiko adalah negara terbesar ke-14 berdasarkan total area.
8. Texas adalah provinsi Meksiko yang mendeklarasikan kemerdekaan dari Meksiko pada tahun 1836.
9. Orang Mexico City menamakan diri mereka “Chilango” yang artinya orang Meksiko yang hidup di Mexico City.

10. Mexico City adalah salah satu kota terbesar di dunia. Populasi negara ini naik dua kali lipat antara tahun 1930 dan 1950. Diperkirakan 8,8 juta orang untuk saat ini.

11. Mereka berbahasa Spanyol, bukan bahasa Meksiko.
12. Lebih dari 50 bahasa pribumi digunakan di pedesaan, tetapi bahasa Spanyol adalah bahasa nasional Meksiko.
13. Bendera Meksiko terdiri dari tiga alur vertikal. Alur hijau sebelah kiri melambangkan harapan, alur putih di tengah untuk kesucian, dan alur merah sebelah kanan melambangkan darah orang Meksiko.
14. Gambar elang sedang memakan ular dalam bendera Meksiko berdasar pada legenda suku Aztec.
15. Meksiko adalah negara yang masyarakatnya memeluk Katolik, terbesar kedua setelah Brazil. Meski begitu, negera dan agama di Meksiko tidak pernah mengikat satu sama lain. Artinya urusan agama, negara tidak akan ikut campur begitu pula sebaliknya.
16. Mereka gemar berpesta, entah ada momen tertentu atau tidak. Dan pesta para petani pedesaan adalah yang paling menarik.
17. Meksiko memperkenalkan jagung, chili dan cokelat kepada dunia.
18. Meksiko merupakan salah satu negara penghasil biji kakao, jagung, jeruk dan tebu yang terkemuka di dunia.
19. Jaguar adalah kucing liar terbesar yang berhabitat asal di hutan selatan Meksiko.

20. Chihuahua adalah anjing terkecil di dunia yang digunakan untuk sebutan Mexico City.

21. Meksiko berlokasi di zona rawan gempa dan gunung berapi paling bebahaya di bumi. Beberapa kali gempa telah terjadi, dan dua kali gempa terdahsyat.
22. Karena dibangun di danau, Meksiko tenggelam 6 sampai 8 inci pertahun akbiat tekanan tarikan air dari bawah.
23. Gempa yang luas terjadi pada tahun 1957 dan 1985. Lebih dari 30.000 orang kehilangan tempat tinggalnya akibat gempa pada tahun 1985.
24. Orang Meksiko cukup ramah dengan sapaan “selamat pagi”. Meskipun disana tidak ada customer service.
25. Batas terpanjang kedua di dunia adalah batas Meksiko dan Amerika, setelah batas Kanada dan Amerika.
26. Setiap tahun jutaan kupu-kupu raksasa bermigrasi ke Meksiko dari Amerika dan Kanada. Padahal penebangan yang terjadi di Meksiko semestinya membuat jutaan kupu-kupu itu kabur.
29. Kebanyakan dari orang Meksiko tidak bisa berbahasa Inggris. Padahal, negara mereka berbatasan langsung dengan Amerika. Namun sebenarnya mereka sangat ingin mempraktekkan bahasa Inggris jika ada turis yang datang. Beberapa anak muda yang bisa berbahasa Inggris, itu pun sudah cukup kedodoran.
27. Tidak ada saus sambal di restoran, yang disediakan hanya cabai berwarna hijau.
28. Bank dan restoran akan penuh pada saat tanggal 15 dan tanggal 1 setiap bulannya karena gajian disana dua kali per bulan.
29. Keripik babi berada dimana-mana dan cukup lezat tampaknya. Jadi berhati-hatilah jika punya pantangan terhadap babi. Lebih baik tanyakan dahulu terbuat dari apa keripik yang kelihatannya renyak dan gurih tersebut.

30. Orang Meksiko tidak suka datang on-time. Jadi mereka akan merasa terlalu pagi jika datang tepat waktu.

31. Banyak peradaban kuno di Meksiko. Ada Olmec, Zapotec, Toltec, Maya, Aztec, dan Inca yang berpadu dengan peradaban dari Afrika, Prancis dan Spanyol.
32. Olmec adalah peradaban besar pertama di Meksiko (1400-300 SM). Yang membangun banyak kota di sepanjang pantai Meksiko.
33. Peradaban Zapotec adalah yang membangun kota-kota besar di sepanjang Meksiko selatan dan menciptakan sistem tulisan pertama di Amerika.
34. Ular seringkali muncul dalam mitologi Meksiko. Mulai dari ular Kukulcan, dewa yang dapat membangun sisi piramid Chichen Itza sampai ular dewa Quetzalcoat. Ular yang dicengkeram oleh burung juga digunakan di bendera Meksiko.
35. Creol adalah keturunan orang Spanyol yang pertama kali tiba di Meksiko.
36. Meski adu banteng-matador adalah olahraga nasional Meksiko, tetapi sepakbola menjadi yang lebih terkenal untuk saat ini.
37. Anthony Quinn adalah aktor Meksiko pertama yang memenangkan Academy Award pada tahun 1952 berkat peran dalam Viva Zapata.
38.. Diantara Tujuh Keajabian baru dunia, Piramid Chicen Itza di Meksiko adalah salah satunya.
39. Tukang semir sepatu berada di pinggir jalan Meksiko, dengan menyediakan kursi tinggi ala raja untuk pelanggannya. Sedangkan badut berada di sudut-sudtu kota.

40. Solamente PEMEX adalah satu-satunya perusahaan minyak di Meksiko.

43. Film-film di CD rental kebanyakan berbahasa Inggris dengan terjemahan berbahasa Spanyol. Seperti halnya di Indonesia, banyak film berbahasa Indonesia yang dilengkapi dengan terjemahan bahasa Inggris agar tampak mendunia.
44. Banyak toko libur hari Minggu. Ini juga seperti budaya di Indonesia.
45. Pembelian barang lebih banyak menggunakan sistem cicilan. Jadinya, untuk memberi barang elektronik akan seperti membeli kacang rebus karena dengan sistem cicilan ini.
44. Mereka tidak mengenal agama Islam dan aturan Islam dalam berhijab. Terkadang yang terjadi orang yang berhijab akan menjadi pemandangan aneh bagi mereka orang-orang Meksiko.
45. Angkot disana seringkali penuh penumpang, sampai-sampai ada yang duduk di bagasi.
46. Kebanyakan para pekerja kantoran berdasi lengkap dengan jas, meskipun mereka naik angkot.
Comments are closed.