Di Buat tak Berdaya Lawan Dolar, Rupiah kini Melemah ke Level Rp14.482

Di Buat tak Berdaya Lawan Dolar, Rupiah kini Melemah ke Level Rp14.482

Di Buat tak Berdaya Lawan Dolar, Rupiah kini Melemah ke Level Rp14.482

Lagi-lagi nilai tukar rupiah pada dolar Amerika Serikat (AS) melemah pada pembukaan perdagangan, hari Kamis ini.

Di lansir dari laman onlinetradingsouthafrica.com, dalam laman Bloomberg, rupiah saat ini kembali melemah ke level Rp14.482 per dolar AS pada pagi hari ini. Dari yang sebelumnya pada level Rp14.480 di penutupan sebelumnya.

Di kutip dari laman idn poker ios, kini Rupiah bergerak tambah melemah ke arah level Rp14.495 per dolar AS sekitar pukul 9.15 WIB pada hari ini.

1. Rupiah di prediksi melemah di penutupan

Pengamat atau ahli pasar keuangan Ariston Tjendra mengatakan bahwa, saat ini rupiah masih berpotensi tertekan bersamaan dengan ketakutan pasar yang meningkat secara pesat terhadap kenaikan munuculnya masalah baru COVID-19 di berbagai negara di belahan dunia ini, termasuk di Indonesia sendiri.

“PPKM Darurat yang berpotensi di perpanjang menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pelaku pasar. Jelas ini bisa menekan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujarnya kepada IDN Times.

2. Pergerakan rupiah terbantu keputusan The Fed

Tapi di sisi lain, Ariston menyebutkan bahwa pernyataan dari Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell di hadapan seluruh anggota komite jasa keuangan DPR, saat ini hal tersebut dapat mendukung untuk mencegah terjadinya pelemahan lebh lanjut pada nilai tukar rupiah.

Sebelumnya di hadapan anggota komite jasa keuangan DPR Powell mengatakan bahwa, kebijakan moneter AS tetap belum dapat beralih di karenakan saat ini kondiri seluruh tenaga kerja yang belum membaik seperti yang di harapkan.

“Dolar AS terlihat melemah terhadap mata uang utama dunia kemarin setelah pernyataan Powell tersebut,” kata Ariston.

3. Rentang pelemahan rupiah

Sebelumnya terhadap perdagangan Rabu (14/7/2021), rupiah sempat melemah terhadap dolar AS di bagian penutupan. Yaitu melemah sekitar 16 poin atau 0,11 % ke level Rp14.480 per dolar AS berasal dari Rp14.463 per dolar AS.

Ariston mengatakan, pelemahan mungkin akan berlanjut ke sore ini. “Potensi pelemahan ke arah Rp14.520, dengan potensi support di kisaran Rp14.460,” ujarnya.

Comments are closed.