Definis Wilayah dan Pewilayahan serta Pembagiannya

Definis Wilayah dan Pewilayahan serta Pembagiannya

Definis Wilayah dan Pewilayahan serta Pembagiannya

Definis Wilayah dan Pewilayahan serta Pembagiannya – wilayah adalah bagian dari permukaan bumi yang berbeda dan ditunjukkan oleh sifat-sifat yang berbeda dari lainnya. Dapat disimpulkan, wilayah adalah area di permukaan bumi yang dibatasi oleh kenampakan tertentu yang bersifat khas dan membedakan wilayah tersebut dengan wilayah lainnya. Misalnya, wilayah hutan berbeda dengan wilayah pertanian, wilayah kota berbeda dengan perdesaan.

Konsep wilayah dan pewilayahan tidak bisa lepas dari kajian atau pengertian geografi. Para ahli mengemukakan bahwa konsep wilayah merupakan obyek formal geografi yang menjadi benang merah atau pembeda dengan ilmu-ilmu kebumian lainnya.

Definisi wilayah atau region diartikan sebagai suatu bagian permukaan bumi yang memiliki idn poker apk open card karakteristik khusus atau khas tersendiri yang menggambarkan satu keseragaman atau homogenitas. Sehingga keseragaman tersebut dapat membedakan dari wilayah-wilayah lain di daerah sekitarnya.

1. Wilayah

Karaktersitik wilayah bisa berupa kondisi alam, ekonomi, demografi, dan sosial-budaya. Beberapa contoh wilayah yang ada di permukaan bumi antara lain:

  • Wilayah hutan hujan tropis (region alamiah)
  • Amerika latin (region budaya)
  • Kepulauan Wallacea (region fauna)
  • Corn belt (region pertanian)
  • Zona dataran rendah Jakarta (region fisiografi)

Secara umum suatu wilayah terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Wilayah formal Wilayah ini identik dengan definisi wilayah secara umum, yaitu suatu daerah atau kawasan di muka bumi yang memiliki karakteristik yang khas sehinga dapat dibedakan dari wilayah lain di sekitarnya.
  • Wilayah fungsional Suatu kawasan yang terdiri atas beberapa pusat wilayah yang berbeda fungsinya.Contoh jelas dari wilayah fungsional adalah perkotaan.

Dilihat dari konsepnya, wilayah perkotaan terdiri atas tiga komponen, yaitu:

  1. Nodus atau inti, yang merupakan pusat kota
  2. Internal area (hinterland), wilayah sekitar kota yang fungsinya memasok kebutuhan harian kota tersebut.
  3. Eksternal area, merupakan jalur penghubung antara kota wilayah pemasok kebutuhan kota tersebut.

Berdasarkan tingkat kebudayaan penduduk Wilayah ini dibagi berdasarkan tingkat kebudayan penduduknya, yaitu agraris, industri, dan perikanan. Berdasarkan kenampakannya disebut generic region, contohnya area tebu, padi dan gandum.

Berdasarkan ciri-ciri khusus lokasi dan kekhasan wilayah disebut spesific region, contohnya wilayah Timur Tengah, Amerika Latin, dan Asia.

2. Perwilayahan

Dalam suatu program perencanaan, perwilayah memiliki peran yang cukup penting. Hal ini karena perwilayahan sangat berguna untuk mengetahui variasi karakter dalam suatu wilayah tertentu.

Definisi perwilayahan adalah usaha membagi-bagi permukaan bumi atau bagian permukaan bumi tertentu untuk tujuan yang tertentu.

Perwilayahan di Indonesia berhubungan erat dengan pemerataan pembangunan dan mendasarkan pembagiannya pada sumberdaya lokal. Sehingga prioritas pembangunan dapat dirancang dan dikelola dengan baik.

Tujuan pewilayahan untuk perencanaan pengembangan di Indonsia sebagai berikut:

  1. Meratakan pembangunan untuk menghindari adanya pemusatan kegaitan pembangunan yang berlebihan di suatu daerah tertentu.
  2. Menjamin keserasian dan koordinasi antara berbagai kegiatan pembangunan yang ada di tiap daerah.
  3. Pengarahan pembangunan, bukan hanya untuk pemerintah, melainkan juga kepada masyarakat umum dan pengusaha.

Klasifikasi wilayah merupakan usaha untuk menggolongkan wilayah secara sistematis ke dalam bagian-bagian tertentu. Di dalam penggolongan tersebut, perlu diperhatikan keseragaman sifat dan semua individu yang ada dalam wilayah yang bersangkutan.

Terdapat dua klasifikasi wilayah, yaitu:

  1. Perbedaan jenis dan klasifikasi wilayah Perbedaan jenis sangat diperlukan untuk mendapatkan gambaran karakteristik suatu wialyah.
  2. Perbedaan tingkat dan klasifikasi wilayah Guna membuat perbedaan tingkat dalam klasifikasi wilayah dapat dilakukan dengan menggunakan metode interval dan metode hierarkis.

 

Comments are closed.