Chihuahua Spesies Anjing Tertua di Benua Amerika

Chihuahua Spesies Anjing Tertua di Benua Amerika

Chihuahua Spesies Anjing Tertua di Benua Amerika

Chihuahua Spesies Anjing Tertua di Benua Amerika – Chihuahua adalah ras anjing terkecil, dan dinamakan berdasar daerah Chihuahua di Meksiko. Standar yang diakui oleh AKC (American Kennel Club) dikenal sebagai “chihuahua”, tetapi mereka ada dua jenis, bulu panjang dan bulu halus. Chihuahua tidak boleh lebih dari enam pon.

Mereka banyak warnanya, dan dikenal karena telinganya yang berdiri. Anak chihuahua sering disangka hamster, karena mukanya yang pipih, sangat kecil, dan bulu tipis.Bagi para pecinta anjing, pastinya tidak asing lagi dengan spesies anjing chihuahua yang dikenal memiliki pergerakan tubuh yang sangat lincah.

Chihuahua memang sangat populer di antara spesies anjing lainnya dikarenakan memiliki ukuran tubuh yang mungil serta wajah menggemaskan yang dapat memikat hati banyak orang untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah. Namun, dibalik daya tarik dari anjing chihuahua yang mungil dan lucu tersimpan beberapa fakta menarik.

1. Habitat asli dari chihuahua

5 Fakta Menarik dari Chihuahua, Spesies Anjing Tertua di Benua Amerika

Chihuahua pertama kali ditemukan pada tahun 1850, dimana pada saat itu penduduk asli dari Meksiko menawarkan anjing jenis chihuahua ini kepada seorang berkerwarganegaraan Amerika. Dilansir dari laman Dogster, para ilmuwan meyakini bahwa chihuahua merupakan jenis anjing tertua di benua Amerika dengan adanya bukti dari peninggalan suku-suko kuno di Meksiko. Nama dari chihuahua itu sendiri diambil dari sebuah wilayah di Meksiko yang berbatasan langsung dengan wilayah Texas, Amerika.

2. Spesies anjing terkecil di dunia

5 Fakta Menarik dari Chihuahua, Spesies Anjing Tertua di Benua Amerika

Seekor anjing jenis Chihuahua biasanya mempunyai tinggi antara 15 hingga 22 sentimeter serta bobot tubuh seberat 1 hingga 2,2 kilogram. Dengan ukuran tubuhnya yang begitu kecil, chihuahua dinobatkan sebagai anjing terkecil di dunia. Dari segi fisik, chihuahua memiliki bulu yang halus mengkilap dengan bentuk kepala yang agak bulat seperti buah apel. Di pasaran, semakin kecil tubuh dari anjing chihuahua maka semakin mahal harga yang dipatok untuk anjing tersebut.

3. Memiliki umur yang panjang

5 Fakta Menarik dari Chihuahua, Spesies Anjing Tertua di Benua Amerika

Walaupun mempunyai ukuran tubuh yang mungil namun anjing chihuahua dapat bertahan hidup dalam jangka waktu yang sangat lama yakni selama 17 tahun. Akan tetapi, satu hal penting yang harus kamu ketahui bahwa chihuahua merupakan jenis anjing yang sangat rentan terkena penyakit seperti hipoglikemia, penyakit sendi hingga infeksi mata. Selain itu, obesitas juga menjadi salah satu penyebab chihuahua memiliki umur pendek.

4. Anjing dengan karakter berani

5 Fakta Menarik dari Chihuahua, Spesies Anjing Tertua di Benua Amerika

Setiap jenis anjing mempunyai karakter yang berbeda-beda mulai dari beringas, pemalu hingga pemburu. Dilansir dari laman Dogtime, untuk anjing jenis chihuahua memiliki karakter yang sangat berani dan percaya diri layaknya seperti karakter anjing jenis terrier. Di samping itu, chihuahua memiliki sifat yang sangat waspada dan mudah curiga terhadap orang asing yang membuatnya cocok dijadikan sebagai anjing penjaga.

5. Mempunyai stamina yang besar

5 Fakta Menarik dari Chihuahua, Spesies Anjing Tertua di Benua Amerika

Untuk semua jenis anjing pastinya harus diberi pelatihan yang tepat agar mereka lebih penurut terhadap perintah majikan. Namun, yang membedakan chihuahua dengan jenis anjing lainnya terletak pada besarnya jumlah stamina di dalam tubuh mereka. Seekor chihuahua dewasa mampu berlari-lari selama beberapa jam di luar rumah terutama pada saat cuaca panas. Oleh karena itu, anjing chihuahua seharusnya di ajak jalan-jalan secara rutin untuk menjaga tubuhnya tetap sehat.

Nah, itulah fakta-fakta menarik dari anjing chihuahua yang memiliki sifat serta bentuk tubuh yang unik dari kebanyakan jenis anjing lainnya yang ada di dunia. Apakah kamu mulai tertarik untuk memiliki anjing jenis chihuahua ini?

Comments are closed.