Bukti Kebudayaan dengan Beragam Jenis Olahraga Asli Indonesia

Bukti Kebudayaan dengan Beragam Jenis Olahraga Asli Indonesia

Bukti Kebudayaan dengan Beragam Jenis Olahraga Asli Indonesia

Bukti Kebudayaan dengan Beragam Jenis Olahraga Asli Indonesia – Olahraga merupakan suatu kegiatan jasmani yang dilakukan untuk memelihara kesehatan dan memperkuat otot – otot tubuh. Olahraga adalah cara alami menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Penelitian membuktikan, aktif bergerak setiap hari dapat menjauhkan dari risiko penyakit. Bertolak dari hal tersebut, olahraga dapat dikatakan sebagai obat, yang kemudian menginspirasi terlahirnya terapi olahraga (sport therapy).

Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga badan tetap bugar dan sehat. Saat ini banyak sekali jenis-jenis olahraga yang bisa menjadi pilihan untuk berolahraga.

Indonesia sendiri memiliki beberapa jenis olahraga tradisional asli yang tak kalah dengan olahraga umum lainnya. Olahraga tradisional khas Indonesia juga tak jauh dari tradisi dan kebudayaan yang ada di setiap daerah. Maka tak heran jika APK IDNPlay Versi Lama selain seru dan unik olahraga khas indonesia juga kaya akan nilai budaya.

1. Pencak Silat

Pencak silat diajarkan di Australia tahun 1982 © National Archieves of Australia

Pada 12 Desember 2019 lalu, pencak silat secara resmi ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO. Olahraga bela diri khas Indonesia ini sendiri sudah dikenal sejak zaman kerajaan di abad ke-7 Masehi, terlihat dari bukti di relief Candi Borobudur. Menyusuri asal keberadaannya, pencak silat ternyata berasal dari dua daerah di Indonesia, yakni dari Sumatra Barat dan Cimahe, Jawa Barat.

2. Lompat batu

Lompat batu di Nias.

Olahraga yang unik dan cukup eksrem ini menjadi daya tarik tersendiri dari Suku Nias di Sumatra Utara. Lompat Batu atau Hombo Batu mulanya adalah sebuah ritual inisiasi yang dilakukan pria sebelum berperang. Dulu, saat masih berperang para pria harus bisa melompati pagar tembok setinggi kurang lebih dua meter untuk mencapai benteng lawan. Oleh karena itu, jika ingin ikut berperang dan menjadi prajurit para pria harus bisa melompati batu setinggi 2 meter sebagai tanda telah dewasa dan siap secara fisik.

3. Pacu Jalur

Olahraga Pacu Jalur © indonesia.travel

Olahraga air asal Riau ini adalah olahraga tradisional khas daerah Kuantan Singingi (Kuansing) di Provinsi Riau yang sudah ada sejak tahun 1900-an. Olahraga sejenis lomba dayung ini menggunakan perahu berbahan kayu gelondongan atau disebut ‘jalur’ oleh masyarakat setempat.

Panjang perahu yang digunakan berkisar 25-40 meter dan bisa menampung sebanyak 40 hingga 60 orang tiap perahu. Pada zaman Belanda, olahraga pacu jalur ini dimanfaatkan pemerintah kolonial untuk memperingati serta memeriahkan ulang tahun ratu mereka yang bernama Ratu Wilhelmina.

4. Pathol

Pathol Rembang.

Jika Jepang punya olahraga sumo, maka Indonesia punya pathol. Olahraga tradisional asal Kabupaten Rembang, Jawa Tengah ini adalah seni gulat asli Indonesia yang lahir pada masa Kerajaan Majapahit.

Namun, tidak seperti sumo yang harus memiliki tubuh yang tambun, dalam permainan ini kita hanya perlu melawan orang yang memiliki postur dan badan yang sepadan. Pemain pathol harus bertelanjang dada dan dililitkan dengan kain di pinggang saat bertanding.

5. Jemparingan

Jemparingan © antara.com

Olahraga mirip panahan ini adalah olahraga tradisional khas Kerajaan Mataram sekitar abad ke-15. Berbeda dengan panahan biasa, jemparingan sendiri dilakukan dalam posisi duduk bersila. Jemparingan awalnya digunakan sebagai senjata utama kerajaan. Sebelumnya, jemparingan diduga telah digunakan untuk berburu dan kemudian berkembang sebagai senjata pertempuran. Raja pertama Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono I pernah mendorong pengikutnya untuk belajar memanah untuk membetuk watak ksatria.

6. Egrang

Permainan Egrang © jatimnow.com

Egrang sendiri berasal dari Indonesia dengan pengaruh budaya China yang sudah eksis sejak zaman kolonial Belanda. Egrang atau engrang sendiri adalah tongkat panjang dari bambu yang memiliki pijakan untuk dinaiki dan kemudian berjalan di atasnya. Dibutuhkan keseimbangan yang baik dalam melakukan permainan ini agar bisa berjalan di atas tongkat tanpa jatuh.

7. Bakiak

Perlombaan Bakiak © jabarprov.go.id

Sering dijadikan lomba pada saat 17 Agustusan, bakiak atau terompah kayu merupakan permainan sekaligus olahraga asal Sumatra Barat yang lahir sekitar tahun 1970-an. Bakiak sendiri adalah kayu panjang berfungsi seperti sandal yang diberi beberapa selop maupun tali.

Comments are closed.